You are currently viewing Menyoal Si Kecil Yang Suka Berteriak
Image by pch.vector on Freepik

Menyoal Si Kecil Yang Suka Berteriak

Belakangan mungkin Momee menyadari sesuatu, yaitu Si Kecil yang selalu berteriak. Terkadang Si Kecil berteriak secara tidak terkendali di depan umum sehingga menimbulkan rasa tidak enak. Tidak ada asap jika tidak ada api, pasti aka nada alasan mengapa Si Kecil suka berteriak. Nah di artikel kali ini, kita akan mempelajari mengapa dan harapannya Momee dapat lebih dengan mudah menenangkan dan mengajarkan pada Si Kecil untuk mengendalikan amarahnya.

Sekadar info, perilaku berteriak secara sering ini dapat kita golongkan menjadi tantrum pada anak, hal ini terjadi umumnya saat Si Kecil merasa tidak nyaman, lapar dan kelelahan. Meski tantrum merupakan hal yang lazim terjadi pada anak, Momee tetap perlu mengajarkan pada Si Kecil tentang kendali emosi. Tantrum sendiri pun umumnya terjadi karena ia masih belum mampu mengatakan apa yang mereka rasakan sehingga membuat mereka frustasi.

Baca Juga: Membantu Perkembangan Sensorimotor Si Bayi Dengan Mainan

Agar semakin jelas, berikut ialah 5 penyebab umum mengapa Si Kecil suka berteriak.

  • Mencari perhatian

Si Kecil selalu menginginkan perhatian dari orang di sekitarnya, sehingga ia akan mencari segala cara agar ia memperoleh perhatian. Berteriak, melempar, menangis merupakan hal yang paling mudah untuk ia lakukan agar mendapatkan perhatian Momee.

  • Caranya berkomunikasi

Balita pada umumnya masih memiliki kesulitan untuk berkomunikasi dengan cara berbicara. Mereka mungkin akan berteriak dan menjerit agar Momee dapat menebak yang ia inginkan.

  • Merasa sangat berenergi

Ia merasa sangat antusias sehingga ia butuh cara untuk melampiaskan hal tersebut.

  • Merasa marah

Mungkin ada suatu hal yang membuatnya tidak senang sehingga memicu kemarahannya. Beberapa hal seperti jika Momee menyuruhnya berhenti bermain  atau menyuruhnya tidur.

  • Merasakan kelelahan

Saat kita merasa lelah, mood kita menjadi sedikit tidak stabil. Hal ini juga terjadi pada Si Kecil namun berbeda di cara penyampaiannya saja. Karena Si Kecil masih belajar mengenal emosi, tentu caranya meluapkan rasa lelah tersebut juga berbeda.

Baca Juga: Bayi Prematur Dan Yang Harus Momee Tahu

Mengatasi Anak Yang Suka Berteriak

Saat Si Kecil berteriak tentu membutuhkan perhatian Momee untuk menenangkannya. Nah berikut beberapa cara yang dapat Momee coba.

  1. Ajak anak memahami emosinya

Saat Momee mendengarkan teriakannya, tanyakanlah secara perlahan apa yang menyebabkan ia melakukan hal tersebut. Meski mungkin kita tidak akan mendapatkan jawaban yang jelas, paling tidak kita akan mengerti apa kemauan Si Kecil sehingga ia juga merasa diperhatikan

  1. Menjaukan barang berbahaya

Saat ia menjadi tidak terkendali, pastikan ia berada di tempat aman. Momee perlu terlebih dahulu memastikan tidak ada benda tajam atau hal lain yang berpotensi membuatnya terluka. Hal ini penting karena ketika ia meledak – ledak, ia mungkin saja secara spontan melakukan hal tidak terduga.

 

This Post Has 2 Comments

Tinggalkan Balasan