You are currently viewing Sudden Infant Death Syndrome Yang Mungkin Momee Tahu
https://www.freepik.com/free-photo/adorable-new-born-sleeping-bed_5932790.htm

Sudden Infant Death Syndrome Yang Mungkin Momee Tahu

Sesuai dengan namanya, sindrom kematian bayi mendadak (sudden infant death syndrome) akan mengakibatkan bayi baru lahir kemudian meninggal saat tertidur, yang lebih menakutkan adalah tidak ada tanda maupun gejala yang terasa yang dapat berguna sebagai bahan pencegahan. Sindrom ini memiliki potensi terjadi sejak bayi menginjak usia 1 bulan hingga 1 tahun tanpa ada diagnosis kesehatan buruk apapun.

Baca Juga: Faktanya Madu Untuk Kesehatan Kandungan

Tindakan Pencegahan Sindrom Kematian Bayi Mendadak Secara Rutin

Pencegahan yang dapat Momee lakukan lebih bersifat rutinan, seperti:

  • Posisi tidur

Saat ia baru lahir hingga usia satu tahun, orangtua dapat memposisikan gaya tidurnya terlentang. Posisi ini akan memudahkan ia untuk bernapas lebih baik daripada posisi tengkurap dan menyamping. Namun pada praktiknya nanti, saat ia sudah dapat berguling guling sendiri maka posisi tengkurap pun sudah dapat dilakukan sesekali.

  • Berhati-hati saat tidur dengan Si Kecil

Memilih tidur bersama kita atau ia memiliki tempat tidur sendiri adalah pilihan setiap orangtua. Namun, kita perlu ingat bahwa potensi SIDS juga lebih besar jika tidur bersama orangtua karena bisa saja kepalanya tertutup oleh bantal dewasa yang berukuran besar. Selain itu saat kita tertidur, kita tidak dapat mengontrol gaya tidur kita sehinga dikhawatirkan akan membahayakan Si kecil jika kita menindihnya.

  • Jangan merokok di sekitar bayi

Merokok. Kebiasaan yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan, apalagi bagi Si Kecil. Bagi Momee yang masih merokok baiknya segeralah berhenti atau bahkan sebelum berencana untuk memiliki anak. Kebiasaan merokok bagi Mama yang hamil akan meningkatkan potensi SIDS 3 kali lebih besar bagi Si Kecil. Tak hanya Mama, Papa juga akan membuat Mama menjadi perokok pasif saat merokok.

Kadungan asap rokok pada orang dewasa pun sudah menimbulkan bahaya, apalagi jika Si Kecil menerima asap rokok tersebut.

  • Menjaga selalu suhu bayi

Menjaga suhu kamar tetap nyaman bagi Si Kecil sangatlah penting. Jika bayi berkeringat apalagi suhu tubuh daerah vitalnya terlalu panas akan sangat berbahaya. Selain suhu ruangan, Si Kecil juga harus menggunakan pakaian bayi yang nyaman dan tepat, dalam hal ini adalah pakaian yang tidak terlalu tebal. Bayi yang merasa kepanasan saat tertidur pulas akan sulit terbangun, hal ini akan menjadi bahaya lain yang tidak disadari.

Baca juga: Gagal Ginjal Akut Yang Menghantui Momee

Nah tadi adalah penjelasan umum seputar sindrom kematian bayi mendadak dan penyebab yang paling dekat dengan kita. Merawat dan menjaga Si Kecil bukan hanya tetang memberi asupan gizi yang baik namun juga memperhatikan ia hingga poin-poin terkecil yang dapat menghindarkannya dari masalah. -KJ

This Post Has 2 Comments

Tinggalkan Balasan