You are currently viewing Membantu Perkembangan Sensorimotor Si Bayi Dengan Mainan
shirota-yuri-p0hDztR46cw-unsplash-1536x1019.jpg

Membantu Perkembangan Sensorimotor Si Bayi Dengan Mainan

Tahap tumbuh kembang Si Kecil adalah salah satu masa yang paling menyenangkan untuk kita lihat. Kita sebagai orangtua tentu pasti ingin mendukung segala hal yang membantu tumbuh kembangnya. Biasanya, saat ia masih bayi, pertumbuhan sensorimotor (sensorik dan motorik) adalah salah satu aspek yang sangat penting. Mungkin beberapa Momee masih bingung tentang cara mendukungnya yang ternyata sensorimotor itu dapat kita latih dengan memberikan mainan tertentu. Yuk simak 4 mainan untuk perkembangan sensorimotor si bayi berikut ini!

1. Rattle

Rattle merupakan mainan utama yang dapat memacu pertumbuhan sensorimotor Si Kecil. Melalui mainan ini, pendengaran dan pengihatan bayi akan lebih terstimulasi. Selain itu, karena mainan ini akan ditekan dan digenggam erat maka ia juga akan mulai berlatih menggunakan otot-otot tangannya. Tipsnya adalah untuk memilih mainan rattle yang mudah dicuci, mengingat mainan ini akan berpotensi kotot karena pegangan dan gigitan Si Kecil.

2. Playmat

Produk playmat biasa digunakan bayi di usia 1 hingga 6 bulan. Hal yang penting adalah memilih playmat berwarna warni karena dapat memancing perkembangan sensorimotor Si kecil. Mainan ini sangat direkomendasikan untuk bayi dengan rentang usia 1-6 bulan. Playmat dengan mainan berbunyi juga sangat baik karena dapat meningkatkan kemampuan kognitif Si Keci. Taklupa bagian matrasnya akan meningkatkan kemampuan otot perut Si Kecil.

Baca Juga: Penyebab Tantrum pada Anak yang Harus Momee Pahami

3. Mainan Teether

Pertumbuhan tubuh si bayi bukan hanya sekadar sensori motor saja, namun juga pertumbuhan giginya. Dengan menggunakan mainan teether ini, akan memancing pertumbuhan gigi Si Kecil secara optimal, karena selain melatih otot, teether mampu mengatasi rasa gatal saat ia mulai memasuki masa tumbuh gigi.

4. Buku-buku bergambar yang berbahan lembut

Buku merupakan benda yang bermanfaat di segala rentang umur. Bagi bayi, buku bergambar akan memberi manfaat kemampuan kognitifnya. Selain itu, Momee dapat mengajarkannya banyak wawasan baru  sehingga lebih mendekatkan Momee dan Si Kecil. Jika ia masih terlalu kecil, Momee dapat memilih buku gambar dengan bahan yang lembut namun dengan kualitas yang baik sehingga tahan dari guncangan Si Kecil.

Memilihkan mainan bagi Si Kecil sebenarnya mudah, namun akan menjadi lebih efektif untuk perkembangan sensorimotor bayi jika kita tahu manfaat mainan tersebut bagi tumbuh kembang sensorimotor Si Kecil mengingat mainan-mainan tersebut akan menyokong tumbuh kembangnya. Jika Momee sedang mencari produk mainan yang tepat. -KJ

Tinggalkan Balasan