Makanan Saat Si Kecil Tumbuh Gigi

Bagi Momee, melihat Si Kecil sudah mulai tumbuh gigi pasti menyenangkan, ya! Tapi di lain sisi apakah Momee juga sering merasa pusing karena rewelnya Si Kecil? Wajar banget kok! Saat masa ini akan timbul beberapa gejala yang akan ia rasakan seperti tidak nafsu makan, demam dan merasa tidak nyaman secara terus menerus apalagi di daerah mulutnya. Dalam memberikannya makan pun pastinya Momee menjadi ikutan pusing, ya? Tenang, kita akan ngasih beberapa opsi makanan untuk Si Kecil yang sedang tumbuh gigi.

1. Makanan Lembut

Menu makanan bertekstur lembut atau lunak akan membuat giginya dapat beristirahat. Makanan model lembut seperti ini lebih cocok lagi diberikan saat rasa sakit atau tidak nyamannya kambuh. Beberapa contoh makanan bertekstur lembut adalah seperti bubur, puree buah bercampur sayur, smoothies dan lainnya. Oiya perhatikan juga untuk tidak memberinya makanan yang terlalu panas ya, karena juga dapat merangsang rasa tidak nyaman bagi Si Kecil.

2. Makanan Dingin

Mungkin beberapa Momee malah mempertanyakan ini, ya? Perlu kita ketahui memberi makanan dingin pada Si Kecil sebetulnya aman kok, selama kita tidak memberikannya secara terus menerus. Makanan dingin dapat memberikan sensasi mati rasa (kebas) pada gusinya, sehingga dapat mengurasi sensasi tidak nyaman dari gigi yang tumbuh tersebut. Beberapa makanan seperti buah dingin, es krim, yoghurt dapat menjadi pilihan yang baik.

3. Finger Food

Saat masa tumbuh gigi, biasanya gusi Si Kecil akan terasa lebih gatal sehingga ia secara naluriah akan mencari sesuatu (makanan) untuk ia gigit. Nah, Momee dapat menyikapinya dengan memberikan finger food bagi Si Kecil dari buah yang didinginkan sehingga rasa gatalnya pun dapat kemudian hilang. Finger food sendiri merupakan makanan yang paling wajib untuk Si Kecil konsumsi saat masa pertumbuhannya karena dapat merangsang pertumbuhan giginya lebih baik lagi.

4. Makanan Berkuah

Menu makanan berkuah pastinya akan membuat ia merasa nyaman, apalagi saat ia sedang tumbuh gigi. Makanan berkuah umumnya mudah untuk dia telan karena tidak butuh waktu terlalu lama untuk mengunyahnya. Namun, pastikan bahwa kuahnya tidak terlalu panas dan makanan padanya tidak terlalu keras, ya. Makanan rekomendasi kami adalah sup seperti sup labu yang sangat enak dan mudah ia telan.

5. Biskuit Khusus Bayi

Biskuit bayi yang beredar umumnya memiliki tekstur luar yang agak keras di luar namun tetap tergolong mudah untuk Si Kecil hancurkan sehingga akan memudahkannya untuk memakan biskuit tersebut saat ia sedang tumbuh gigi.

Nah tadi adalah beberapa rekomendasi makanan saat Si Kecil sedang tumbuh gigi. Momee juga perlu memperhatikan asupan lainnya, ya. Sebaiknya hindari ia dari memakan makanan yang terlalu asin, asam dan pedas karena akan menimbulkan sensasi yang tidak enak di daerah gusi yang bukan tidak mungkin akan menimbulkan peradangan. Selamat mencoba! -KJ

 

Tinggalkan Balasan