You are currently viewing Memasak Bersama Si Kecil

Memasak Bersama Si Kecil

Memasak Bersama Si Kecil di Rumah – Menghabiskan waktu bersama Si Kecil tentu adalah aktivitas yang menyenangkan. Selain bertujuan untuk memberikan kedekatan antara orang tua dan anak, Si Kecil juga dapat mempelajari banyak hal baru. Selain bermain dengan mainan seperti biasa, beberapa orang tua memilih mengajak Si Kecil untuk ikut memasak di dapur. Dapur dapat menjadi semacam daya tarik bagi Si Kecil untuk mempelajari banyak hal dan memacu imajinasinya. Perlengkapan seperti cempal, penggoreng atau wadah plasik dapat membuatnya tertarik untuk memainkannya. Hal ini dapat bermanfaat apalagi saat Moms memasak untuk keluarga.

Hal utama yang perlu Moms perhatikan adalah memastikan bahwa seluruh area dapur sudah aman agar terhindar dari hal-hal yang tidak diharapkan. Hal yang paling utama adalah menjauhkan benda tajam, seperti pisau, garpu masak atau piranti lain yang memiliki bentuk/sisi yang tajam. Moms juga dapat memintanya untuk menjauhi peralatan vital seperti kompor dan microwave apalagi jika sedang menyala.

Setelah melakukan kegiatan yang menyenangkan tadi,  Anda perlu mengajaknya untuk menikmati hasil makanan yang juga ia buat.  Ajari dia beberapa hal saat proses memasak tadi dengan pembawaan yang riang, ini untuk memudahkannya menyerap pelajaran dan meningkatkan ketertarikannya untuk mencoba hal baru.

Tips mengajak Si Kecil bermain di dapur

Terkadang, belum tentu Si Kecil akan langsung mau jika diajak untuk memasak, tapi tenang, berikut adalah tips untuk meningkatkan keinginan Si Kecil untuk memasak di dapur!

1. Terlebih dahulu, ajak Si Kecil memasak makanan kesukaannya

Seiring berjalannya waktu, Moms pasti akan lebih memahami hal yang Si Kecil sukai, salah satunya makanan kesukaannya. Hal ini akan sangat berguna untuk membuatnya tertarik untuk memasak bersama anda.

2. Membaca kondisi mood Si Kecil

Tak hanya kepada sesama orang dewasa, mengajak Si Kecil juga perlu untuk memperhatikan moodnya dulu, lho! Terkadang orang tua beranggapan bahwa Si Kecil akan mudah menuruti ajakan orang tua padahal belum tentu. Hindari untuk memaksa Si Kecil ya Moms! hal ini yang justru akan membuatnya menjadi tidak mood dan malah tidak menyukai aktivitas dapur.

3. Eksporasi dan awasi

Membuat makanan dengan menu yang dapat dimodifikasi itu bagus karena dapat membuat Si Kecil tertarik untuk mengeksplorasi varian baru yang ia sukai. Makanan seperti burger, es krim atau cookies adalah jenis makanan yang enak dan dapat diubah oleh Si Kecil. Namun agar tidak menjadi terlalu jauh seperti misal memasukan bahan yang tidak relevan dan merusak cita rasa, Moms perlu melakukan pengawasan agar makanan tersebut nantinya tidak sia-sia.

Tinggalkan Balasan